Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Business Process

Definisi
Yaitu suatu kumpulan dari proses yang mendukung proses-proses operasional dalam perusahaan. Proses bisnis berisi kumpulan aktivitas (tasks) yang saling ber-relasi satu sama lain untuk menghasilkan suatu keluaran yang mendukung pada tujuan dan sasaran strategis dari organisasi, dimana urutan kegiatannya divisualisasikan dengan menggunakan flowchart.
Sebuah proses bisnis dimulai dengan TUJUAN MISI dan berakhir denga pencapaian TUJUAN BISNIS. Proses Organisasi ber-orientasi untuk menghilangkan hambatan-hambatan struktural departemen dan mencoba untuk menghindari silo fungsional. Sebuah proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa sub-proses, yang memiliki attribut sendiri-sendiri, yang berkontribusi untuk mencapai tujuan proses. Analisis Proses Bisnis biasanya mencakup pemetaan proses dan sub-proses sampai pada tingkat aktivitas. Proses Bisnis dirancang untuk menambah nilai bagi pelanggan. Hasil dari Proses Bisnis yang dirancang dengan baik adalah berupa peningkatan efektivitas (nilai pelanggan), dan peningkatan efisiensi (berkurangnya biaya perusahaan).

Jenis
Management Process
Yaitu proses yang mengatur operasi dari sebuah sistem. Jenis Proses Manajemen ini termasuk “Corporate Governance” dan “Strategic Management”.
Operational Process
Yaitu proses yang merupakan core business dan primery value stream. Misal: Pembelian, Manufacture, Advertising, Marketing, dan Sales.
Supporting Process
Mendukung core business. Misal: Accounting, Call Center, Technical Support.

Karakteristik
Definability
Order
Cutomer (Pelanggan)
Value Adding (Nilai Tambah)
Embeddedness
Cross-functionally (Lintas-Fungsi)

4 Area Utama Perbaikan Proses

Efektivitas
Efisiensi
Internal Control
Kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

iNo mengatakan...

Selamat pagi NJ...?
Terimakasih sudah menuliskan artikel Business Process ini, sangat menarik, "top markotop" memberikan kita pengetahuan mendasar mengenai Business Process dan ruang lingkupnya.
Dan akan sangat bermanfaat sekali jika karakteristik dan area perbaikan proses diberikan sedikit penjelasan, disertai dengan tulisan yang sedikit diperbesar. Tetap menulis ya...
salam Blogger :)

Posting Komentar